HEADLINE
Mode Gelap
Artikel teks besar

Momen Haru: Wisuda Purnabakti Pengayoman 2024

TekiniPos - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa menghadiri Wisuda Purnabakti Pengayoman Tahun 2024 yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel) di Balai Pertemuan Garuda, Selasa (13/8). Kegiatan ini bagian dari rangkaian Peringatan Hari Pengayoman Ke-79 yang diadakan serentak di seluruh Indonesia. 

Kegiatan yang digelar terpusat di Graha Pengayoman, Jakarta, turut disaksikan oleh para Pejabat Struktural dan Staf Pegawai Lapas Banjarbaru di Aula Lapas secara virtual. Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman memimpin prosesi Wisuda Purnabakti ini didampingi oleh seluruh Kepala Divisi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis.

Plh. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Min Usihen, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada 1.124 Purna Bakti Pengayoman di seluruh Indonesia. Menurutnya, Wisuda Purna Bakti ini adalah bentuk penghargaan yang tulus dan penghormatan dari Kementerian Hukum dan HAM kepada mereka yang telah melewati perjalanan panjang pengabdian dengan penuh dedikasi, loyalitas, serta pengabdian yang tulus kepada masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. 

“Wisuda Purna Bakti ini merupakan bentuk penghargaan yang tulus dan rasa hormat dari Kementerian Hukum dan HAM kepada Bapak/Ibu yang telah berhasil melewati perjalanan pengabdian yang panjang dengan penuh dedikasi, loyalitas, dan dengan penuh pengabdian baik kepada masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia,” ucap Min Usihen.

Lebih lanjut, Min Usihen mengatakan masa Purnabakti tidak berarti pengabdian kepada bangsa dan negara telah selesai pula. Ia menjelaskan identitas sebagai Pegawai Kemenkumham akan terus melekat meskipun telah Purnabakti. Sehingga para Wisudawan/Wisudawati Purnabakti agar tetap dapat memberikan kontribusi kepada Kemenkumham dengan cara yang berbeda.

“Saat berada di tengah masyarakat, Bapak/Ibu Wisudawan/Wisudawati akan mendapatkan informasi dan masukan mengenai pelayanan publik maupun sistem kerja Kemenkumham yang sedang berjalan. Masukan-masukan ini dapat menjadi kontribusi bagi Kemenkumham untuk berbenah diri sehingga menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Min Usihen berharap Wisudawan/Wisudawati Purnabakti agar dapat dan terus menjaga nama baik dan kehormatan Kemenkumham. Menurutnya, setiap tindakan para pegawai purnabakti akan tetap diingat masyarakat sebagai bagian dari Kemenkumham.

“Kami titip nama baik dan kehormatan Kemenkumham kepada Bapak/Ibu Purnabakti. Meskipun sudah tidak aktif lagi di Kemenkumham, namun masyarakat akan tetap mengingat Bapak/Ibu sebagai anggota Kemenkumham,” tutur Min Usihen. 

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman, menambahkan  Wisuda Purnabakti Pengayoman ini adalah bentuk penghargaan dan rasa terima kasih kepada para pegawai yang telah mengabdi dengan setia selama bertahun-tahun. Ia menekankan bahwa tidak semua orang diberikan kesempatan untuk mencapai momen bersejarah ini, oleh karena itu, acara Wisuda ini menjadi momen yang sangat berarti dan patut disyukuri serta dibanggakan.

“Kami bangga atas pengabdian saudara, prosesi Wisuda ini adalah sebuah penanda tuntasnya pengabdian kedinasan sebagai Insan Pengayoman, karena tidak semua orang diberi kesempatan dan anugerah untuk mengalami momen bersejarah ini. Tidak sedikit pegawai Kemenkumham yang berpulang atau berhenti pengabdiannya karena satu dan lain hal sebelum mencapai batas usia pensiun, karenanya momentum ini adalah sesuatu yang patut disyukuri dan dibanggakan,” ucap Kakanwil.Pada kesempatan tersebut, sebanyak tujuh orang purnabakti yang telah memasuki masa pensiun mendapatkan penghargaan atas dedikasi mereka selama ini, diantaranya Sri Yuwono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel (mengikuti kegiatan dari Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah), Jispan Simanjuntak, Kepala Subbidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sofia Insnirawati, Pengadministrasi Layanan Kunjungan Lapas Kelas IIA Banjarmasin, serta Noor Salam, Pengelola Pembimbingan Kemandirian Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin. Selain itu, terdapat juga M Matran, Kepala Seksi Bimbingan Klien Dewasa Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin, Demon Syafrudin, Pengelola Basan Baran Rupbasan Kelas I Banjarmasin, dan Muhammad Rifani, Komandan Jaga Rutan Kelas IIB Barabai.

Posting Komentar