HEADLINE
Mode Gelap
Artikel teks besar

Tabur Bunga dan Ziarah di TMP Bumi Kencana Banjarbaru

TerkiniPos - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa didampingi para Pejabat Struktural mengikuti Upacara Tabur Bunga dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana di Banjarbaru, Jumat (9/8). Kegiatan ini digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel) dalam rangka peringatan Hari Pengayoman ke-79.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam pengabdian dan perjuangannya untuk Bangsa dan Negara. Upacara dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. 

Upacara diawali dengan pemberian penghormatan kepada arwah para pahlawan, kemudian mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara. Selanjutnya, Kakanwil dengan penuh hormat meletakkan karangan bunga tepat di bawah monumen TMP Bumi Kencana Banjarbaru sebagai simbol penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan, khususnya bagi pendahulu yang telah membangun Kementerian Hulum dan HAM.

Taufiqurrakhman menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan sekadar ritual tahunan, tetapi juga merupakan bentuk refleksi bagi seluruh jajaran Kemenkumham Kalsel. “Dalam rangka Hari Pengayoman ke-79 kita menggelar kegiatan Upacara dan Ziarah untuk mengenang jasa para pahlawan, hal ini sebagai refleksi kita dalam melaksanakan tugas dan berbagai kegiatan positif sebagai ASN Kemenkumham dan Insan Pengayoman," ujar Kakanwil dengan penuh semangat.

Mengakhiri kegiatan, Kakanwil beserta para Pimpinan Tinggi Pratama melakukan tabur bunga di makam para pahlawan. Aksi ini kemudian diikuti oleh seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel, mulai dari Kepala UPT se-Banjar Raya, Pejabat Struktural, serta para Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Pengayoman. 

Sementara itu, Kalapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa mengatakan Lapas Banjarbaru aktif berpartisipasi mengikuti seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pengayoman ke-79 tahun 2024. "Tabur bunga ini mengingatkan kembali betapa besar pengorbanan yang telah diberikan oleh para Pahlawan demi kemerdekaan dan kemajuan bangsa," kata Kalapas.

"Dengan semangat pengabdian dan dedikasi tinggi, seluruh pegawai Lapas Banjarbaru berkomitmen untuk terus melanjutkan perjuangan para Pahlawan melalui berbagai upaya dalam memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat dan Warga Binaan guna mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK tahun ini," pungkas Wayan.

Posting Komentar